Improving fifth- grade students’ learning outcomes using problem-based learning model in the integrated thematic learning
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ariani, Y., & Kenedi, A. K. (2018). Model Polya dalam peningkatan hasil belajar matematika pada pembelajaran soal cerita volume di sekolah dasar. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 8(2), 25-36. https://doi.org/10.21067/jip.v8i2.2520
Arikunto, S., et al. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Dania, R., & Sukma, E. (2020).Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2624-2636. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.750
Eggen, P.,& Kauchak, (2012). Strategi dan Model Pembelajaran: Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir. Jakarta: Index
Fathurrohman, M. (2015). Paradigma Pembelajaran Kurikulum 2013. Yogyakarta : Kalimedia
Hamzah. B. U., & Nurdin (2011). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Jihad, A & Abdul. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Kemendikbud. (2014). Panduan Teknis Pembelajaran dan Penilaian. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Komara, F. H. T., Putra, Z. H., & Hermita, N. (2020). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IVB SDN 136 Pekanbaru. Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 3(2), 146 – 162. http://dx.doi.org/10.31258/jta.v3i2.146-162
Lestari, A., Nazri, N., Alim, J. A., & Putra, Z. H. (2023). Kemampuan Kompetensi Guru dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa SDN 012 Lalang Kabung Kabupaten Pelalawan. Indonesian Journal of Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics Education, 2(1). 8 – 13. Retrieved from https://ijsteame.ejournal.unri.ac.id/index.php/ijsteame/article/view/11
Ningsih, Y., Ahmad, S., & Amini, R. (2019, November). Implementation of Step Polya in the Problem based Learning Model to Improve Learning Outcomes in Elementary School. In Journal of Physics: Conference Series (Vol.1387,No.1,p.012080). IOP Publishing. http://dx.doi.org/10.1088/1742-6596/1387/1/012080
Nurkhotimah, S., Joharman, J., & Suripto, S. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Dengan Media Konkret untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Tentang Operasi Hitung Pecahan Pada Siswa Kelas V SDN 1 Kuwayuhan Tahun Ajaran 2016/2017. KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN, 5(3.1).
Putra, Z. H., Hermita, N., Yuliani, S., & Fatmawilda, F. (2022). The effects of gender, study major, and year of study on prospective teachers’ mathematical, didactic, and technological knowledge. Journal of Teaching and Learning in Elementary Education, 5(2), 243- 253.
Rahmatina, R., Eliyasni, R., & M Habibi, M. H. (2017). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Menggunakan Strategi Porpe di Kelas IV SD.
Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: Raja grafindo Persada.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada media Group
Wulandari, E. E., & Hartati, S. (2016). Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA melalui Model Problem Based Learning (PBL) menggunakan Audiovisual. Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA, 6(2), 32-41. https://doi.org/10.21580/phen.2016.6.2.1059
Yasrina, D. J., Sujana, I. W., & Suniasih, N. W. (2015). Pengaruh Pendekatan Saintifik Ditinjau dari Karakteristik Pertanyaan Guru Terhadap Hasil Belajar Keterampilan IPS Tema Cita-Citaku Siswa Kelas IV SD Gugus 8 I Gusti Ngurai Rai. MIMBAR PGSD Undiksha, 3(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.4947
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jtlee.v6i2.7986
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Kampus Bina Widya Km 12,5 Simpang Baru