Development of Big Book Media Based on Riau Local Wisdom for Beginning Reading for Elementary School Students
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alviolita, N. W., & Huda, M. (2019). Media Pop Up Book Dalam Pembelajaran Bercerita. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 7(1), 49. https://doi.org/10.30659/j.7.1.
Anarli, A., Hermita, N., & Putra, Z. H., (2023). Pengembangan Media Interaktif Articulate Storyline Berbasis Kontekstual pada Materi Ekosistem Kelas V Sekolah Dasar. Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 6(1), 15 - 29.
Aulia, M., Adnan, Yamin, M., & Kurniawati, R. (2019). Penggunaan Big Book Dalam Pembelajaran Membaca Permulaan Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(3), 963–969.
Christian, Y., & Olwin. (2022). Perancangan dan Pengembangan Website Sekolah di SMA Yos Sudarso Menggunakan Metode 4D. The 4th National Conference of Community Service Project 2022, 4(1), 999–1008. http://journal.uib.ac.id/index.php/nacospro
Dewi, T. K., & Yuliana, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Materi Karangan Deskripsi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iii Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1). https://doi.org/10.24176/re.v9i1.2804
Fajarini, U. (2014). Peranan Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Karakter. Sosio-Didaktika: Social Science Education Journal, 1(2), 123–130. https://doi.org/10.15408/sd.v1i2.1225
Fitra, A., Miranti, F., Rahmayani, R., & Putra, Z. H. (2023). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbantuan Microsoft PowerPoint pada materi ciri-ciri dan pertumbuhan makhluk hidup untuk siswa sekolah dasar. Indonesian Journal of Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics Education, 1(2), 61 - 71.
Fitriana. (2017). Peningkatan Minat Membaca Peserta Didik Melalui Media Big Book and Song Di Kelas 1 Sd. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(6), 550–557. https://ojs.nubinsmart.id/index.php/nsj/article/view/161
Ghazali, S., M. Amin, Wulan Suci Nur Rahmawati, & Grisa Anecy. (2022). Pengembangan Media Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas Awal MINU Ngingas Waru Sidoarjo. Jurnal Mu’allim, 4(2), 13–37. https://doi.org/10.35891/muallim.v4i2.3141
Gustiawati, R., Arief, D., & Zikri, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Permulaan dengan Menggunakan Cerita Fabel pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 355–360. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.339
Hadiana Hilda, L., Mochamad Hadad, S., & Marlina, I. (2018). Penggunaan Media Big Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Kalimat Sederhana. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 4(2), 212–242. https://doi.org/10.36989/didaktik.v4i2.73
Khaatimah, H., & Wibawa, R. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading Anda Composition Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 2(2), 76–87.
Kristina, N., & Rahan, N. W. S. (2023). Penggunaan Media Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I di SDN Percobaan Palangka Raya. 1, 1–12. http://edumedia.pkbdb.org/index.php/home/article/view/15
Kurniati, C. P. (2013). Cerita Rakyat Kampar “Si Lancang”: Analisis Fungsi Pelaku. NBER Working Papers, 7(2), 199–210. http://www.nber.org/papers/w16019
Lesmono, A. D., Wahyuni, S., & Dita Alfiana, R. N. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berupa Komik pada Materi Cahaya di SMP. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1), 100–105.
Maulinawati, L. A. dan R. (2020). Analisis Kemampuan Membaca Permulaan Anak Di Kelompok B Tk Tut Wuri Handayani Samahani Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 1(1), 1–13.
Monika, D., Ain, S. Q., & Yolanda, F. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Pohon Pintar Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Pengurangan Kelas I SDN 115 Pekanbaru. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(3), 3009–3020.
Muzdalifah, I., & Subrata, H. (2022). Pengembangan Big Book Berbasis Kearifan Lokal Untuk Pembelajaran Membaca Permulaan Di Sd. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 8(1), 44–53. https://doi.org/10.26740/jrpd.v8n1.p44-53
Nova, I. S., & Putra, A. (2022). Eksplorasi Etnomatematika pada Cerita Rakyat. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 67–76. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1497
Nurani, R. Z., & Mahendra, H. H. (2019). Use of Big Book Learning Media to Improve Students’ Beginning Reading Skills in Primary Schools. Mimbar Sekolah Dasar, 6(3), 330–340. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v6i3.22893
Nurzayyana, A., Putra, Z. H., & Hermita, N. (2021). Designing a Math Picture Book to Stimulate Primary School Students’ Understanding of Properties of 2-D Shapes. Journal of Teaching and Learning in Elementary Education, 4(2) 164 - 179. http://dx.doi.org/10.33578/jtlee.v4i2.7892
Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W., Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Penerapan Skala Likert dan Skala Dikotomi Pada Kuesioner Online. Jurnal Sains Dan Informatika, 5(2), 128–137. https://doi.org/10.34128/jsi.v5i2.185
Rahim, A., Nurwidyayanti, N., Alfianda Syam, M. R., Islam, F., Meinike, M., & Cristiani, L. (2023). Faktor Penyebab Kesulitan Membaca Siswa SDN 26 Pa’baeng-Baeng Kabupaten Jeneponto. Tongkonan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 35–42. https://doi.org/10.47178/tongkonan.v2i1.2059
Rahmadani, Y., Fitakurahmah, N., Fungky, N., Prihatin, R., Majid, Q., & Prayitno, B. A. (2018). Profil Keterampilan Literasi Sains Siswa di Salah Satu Sekolah Swasta di Karanganyar. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(3), 183. https://doi.org/10.24114/jpb.v7i3.10123
Rahmawati, S., Rahman, Sopandi, W., & Darmawati, B. (2018). Pop-Up Book in Reading Comprehension Ability Context in Thematic Learning. Journal of Education Research and Evaluation, 1(1), 1–7. http://file.upi.edu/Direktori/FPBS/JUR._PEND._BAHASA_DAERAH/195704011984121-RAHMAN/Pop-Up Book in Reading Comprehension Ability Context in Thematic Learning %281%29.pdf
Riefani, M. K. (2020). Validitas Dan Kepraktisan Panduan Lapangan “Keragaman Burung” Di Kawasan Pantai Desa Sungai Bakau. Vidya Karya, 34(2), 193. https://doi.org/10.20527/jvk.v34i2.7578
Ritonga, S., & Rambe, R. N. (2022). Penggunaan Media Big Book Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1266–1272. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3129
Sari, M. S., & Zefri, M. (2019). Pengaruh Akuntabilitas, Pengetahuan, dan Pengalaman Pegawai Negeri Sipil Beserta Kelompok Masyarakat (Pokmas) Terhadap Kualitas Pengelolaan Dana Kelurahan Di Lingkungan Kecamatan Langkapura. Jurnal Ekonomi, 21(3), 308–315. https://ejournal.borobudur.ac.id/index.php/1/article/view/608/583
Septiyani, S., & Kurniah, N. (2017). Pengaruh Media Big Book Terhadap Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia Dini. Jurnal Potensial, 2(1), 47–56.
Sulaiman, U. (2017). Pengaruh penggunaan media big book dalam pembelajaran terhadap keterampilan literasi siswa kelas awal madrasah ibtidaiyah negeri Banta-Bantaeng Makassar. Jurnal Al-Kalam, IX(2), 193–204. https://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/warna/article/viewFile/87/91
Syihabudin, S. A., & Ratnasari, T. (2020). Model Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 2(1), 21–31. https://doi.org/10.52005/belaindika.v2i1.26
Ulfa, H., & Suripah. (2022). Articulate storyline 2 interactive learning media in transformation materials for class IX junior high school. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 205–220. https://doi.org/10.33654/math.v7i3.1391
Viandhy, A. O., & Ratnasari, R. T. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Niat Ulang Dengan Menggunakan Produk Yang Lain Melalui Kepercayaan Nasabah Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Boulevard di Surabaya. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 1(8), 546. https://doi.org/10.20473/vol1iss20148pp546-564
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jtlee.v7i1.8062
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Kampus Bina Widya Km 12,5 Simpang Baru