Implementation of Differentiated Learning Management in Indonesian Junior High School Education
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alhafiz, N. (2022). Analisis profil gaya belajar siswa untuk pembelajaran berdiferensiasi di SMP Negeri 23 Pekanbaru. J-Abdi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(8), 1913–1922.
Alim, J. A., Hermita, N., Putra, Z., Erlisnawati, E., Puspitasari, E., & Sulastio, A. (2024). Teacher Empowerment as a Strengthening of Professional Skills in the Project Module Making Program Based on Siak Malay Local Wisdom. Journal of Community Engagement Research for Sustainability, 4(1), 10–17.
Amaliya, L. (2019). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika problem based learning berbasisi teknologi informatika pada siswa SMK TRITECH INFORMATIKA Medan TP. 2018/2019. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Asy’ari, H., & Harahap, A. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam
Meningkatkan Kreativitas Siswa MIS Al-Hasanah Luban Dolok Kecamatan Siabu. Jurnal Pendidikan Ilmiah Transformatif, 8(2).
Casmudi. (2019). Memahami Manajemen dan Manajemen Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Depdiknas. (2008). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.
Diah, E. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dista, D. X., Hermita, N., & Triani, R. A. (2024). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 5(2), 994–999.
Esterberg, K. G. (2002). Qualitative Methods in Social Research. Boston: McGraw-Hill.
Fidayanto, R. (2018). Makan dan Minum Berdiri dalam Hadis Al-KUTŪBUSSITTAH dan Implementasinya pada Santri Pesantren. Buana Informatika, 6(2), 122–133.
Gregory, G. H., & Chapman, C. (2012). Differentiated Instructional strategies: One size doesn′ t fit all. California: Corwin press.
Grindle, M. S. (2004). Good enough governance: poverty reduction and reform in developing countries. Governance, 17(4), 525–548.
Hanafiah, H., Sopandi, U., & Maemunah, R. S. (2024). Implementasi Pembelajaran Berdifferensiasi di SMPN 4 Ciconpet Kabupaten Garut. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(3), 2884–2891.
Harmer, J. (2007). The Practice of English Language Teaching. Harlow: Pearson Longman. Hehakaya, A., & Pollatu, B. (2022). Impact of Infrastructure Limitations on Educational Outcomes:
A Case Study of Schools in [Region/Country]. Journal of Educational Research, 38(2), 201– 215.
Hermita, N., Widyanthi, A., Kurniaman, O., & Witri, G. (2020). Implementing Of Structural Analytical Synthetic (SAS) Methods To Improve The Ability Of Early Reading Of Elementary School Students. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 4(1), 282.
Hermita, N., Wijaya, T. T., Elviana, T., Puspitasari, M., Yenita, F., Lisnayeti, Riyanti, I., Kalsum, U., Fatihah, A. Al, Ruslindawati, R., Ayana, Y., Dewi, A. S., Nurfitasari, C., & Oktaria, S. A. (2021). Inovasi Pembelajaran Abad 21. Surabaya: Global Aksara Pres.
Honig, M. I. (2006). New directions in education policy implementation: Confronting complexity. State University of New York Press.
Joseph, S., Thomas, M., Simonette, G., & Ramsook, L. (2013). The Impact of Differentiated Instruction in a Teacher Education Setting: Successes and Challenges. International Journal of Higher Education, 2(3), 28–40.
Kemendikbudristek, B. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen-Kurikulum Merdeka. Direktorat Sekolah Menengah Pertama. Diakses dari ditsmp.kemdikbud.go.id pada 02 Mei 2024.
Kompri. (2015). Manajemen Pendidikan: Teori dan Praktik. Bandung: Alfabeta. Koontz, H., O’Donnell, C., & Weihrich, H. (1986). Management. Boston: McGraw-Hill.
Kurniawan, F., & Adiputra, Y. S. (2023). Implementasi Kebijakan Sekolah Ramah Anak di Kota Batam. Aufklarung: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 3(2), 143–154.
Mahfudz, M. S. (2023). Pembelajaran berdiferesiasi dan penerapannya. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(2), 533–543.
Masitah, M. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Untuk Memfasilitasi Guru Menumbuhkan Rasa Tangung Jawab Siswa SD Terhadap Masalah Banjir. Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning, 15(1), 40–44.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1984). Qualitative data analysis: A sourcebook of new methods. Beverly Hills, CA: Sage Publications.
Moleong, L. J. (2007). Metodologi penelitian kualitatif edisi revisi. Remaja Rosdakarya: Bandung.
Pakpahan, T. (2023). Implementasi Kebijakan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Kelas di SD Esa Sejahtera Pekanbaru. Thesis.Universitas Riau.
Pashler, H., McDaniel, M., Rohrer, D., & Bjork, R. (2008). Learning styles: Concepts and evidence. Psychological Science in the Public Interest, 9(3), 105–119.
Riadi, M. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi-Tujuan, Aspek, Prinsip dan Strategi. Htlml. Kajianpustaka.
Ridho, M. (2020). Manajemen Pembelajaran Online di SMP Negeri 33 Pekanbaru (Studi Kasus pada Masa pandemi Covid-19). Thesis. Universitas Riau.
Rohmad, A. N. (2024). Manajemen strategi Program Guru Penggerak (PGP) sebagai agen transformasi pembelajaran kurikulum merdeka di Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Jawa Timur. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Sabatier, P. A. (1986). Top-down and bottom-up approaches to implementation research: a critical analysis and suggested synthesis. Journal of Public Policy, 6(1), 21–48.
Salabi, A. S. (2020). Efektivitas dalam implementasi kurikulum sekolah. Education Achievement: Journal of Science and Research.
Sarnoto, A. Z. (2024). Model pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka. Journal on Education, 6(3), 15928–15939.
Setiyo, A. (2022). Penerapan pembelajaran diferensiasi kolaboratif dengan melibatkan orang tua dan masyarakat untuk mewujudkan student’s well-being di masa pandemi. Bioma: Jurnal Ilmiah Biologi, 11(1), 61–78.
Shadri, R., Hermita, N., Deswarni, D., S, A. P., Lingga, L. J., & Wijoyo, H. (2023). Assessment In The Merdeka Curriculum: How Are The Teachers’ Perspectives On It? Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 7(1).
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sukmawarti, S., Hidayat, H., & Liliani, O. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 886–894.
Tomlinson, C. A. (2001). How to differentiate instruction in mixed-ability classrooms. Alexandria Virginia, USA: ASCD.
Tomlinson, C. A., & Imbeau, M. B. (2010). Leading & Managing A differentiated Classroom. Alexandria Virginia, USA: ASCD.
Wahyuningsari, D., Mujiwati, Y., Hilmiyah, L., Kusumawardani, F., & Sari, I. P. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi dalam rangka mewujudkan merdeka belajar. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 529–535.
Winarsih, S. (2016). Kebijakan dan Implementasi Manajemen Pembiayaan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah. International Conference of Moslem Society, 124–135.
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jtlee.v7i2.8096
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Kampus Bina Widya Km 12,5 Simpang Baru